Lights Of Heaven - AppStarting

Banner 468 x 60px

 

Kunjungan ke TTP Desa Cikandang

0 komentar
Camat Cikajang mengunjungi Taman Teknologi Pertanian yang berada di Desa Cikandang Kecamatan Cikajang 
Taman Teknologi Pertanian (TTP) adalah suatu kawasan implementasi inovasi yang telah dikembangkan padaAgro Science Park (ASP), berskala pengembangan dan berwawasan agribisnis hulu-hilir yang bersifat spesifik lokasi dengan kegiatannya meliputi : penerapan teknologi pra produksi, produksi, pra panen, pasca panen, pengolahan hasil, dan pemasaran serta wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi masyarakat serta pengembangan kemitraan agribisnis dengan swasta.



TTP juga merupakan salah satu kegiatan Nawa Cita dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Kementerian Pertanian melalui  Badan Litbang Pertanian mendapat tugas untuk mengembangkan TTP ini dimulai sejak tahun 2015 yang berjumlah 16 TTP dan tersebar di seluruh Indonesia. Di Jawa Barat TTP ini ada di 3 Kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Garut. Di Kabupaten Garut sendiri, TTP dinamai dengan nama TTP Cikajang yang letaknya berada di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut.
Komoditas yang akan dikembangkan di TTP Cikajang adalah komoditas sayuran dataran tinggi terutama pembibitan kentang, ternak domba garut dan jeruk garut. Ke tiga komoditas tadi merupakan komoditas unggulan kabupaten Garut.

TTP Cikajang sudah mulai melakukan banyak pelatihan dengan petani setempat, peternak dan juga Kelompok Wanita Tani (KWT) sebagai Industri Pengolahan Hasil Pertanian. Selain itu, TTP Cikajang juga sudah menyelesaikan membangun gedung utama sebagai tempat pertemuan, kantor, sekaligus ruang display dan ruang pengolahan hasil pertanian, kandang domba, serta Green House dan Screen House dengan masing-masing berjumlah 1.

Dukungan penuh Pemerintah Daerah Kabupaten Garut (Pemda) sangat membantu berjalannya seluruh kegiatan yang berpusat di Desa Cikandang ini. Sedangkan untuk kerja sama yang dilakukan oleh TTP Cikajang dengan pihak swasta salah satunya adalah dengan Asosiasi Penangkar Benih Kentang yang dipimpin oleh Pak Hudori.

Kedepannya, diharapkan TTP Cikajang dapat menjadi sumber teknologi pertanian dataran tinggi yang dapat dengan mudah di adopsi oleh petani di Desa Cikandang dan Kecamatan Cikajang khususnya, dan Kabupaten Garut pada umumnya.

0 komentar:

 
. © by DUDI PERMANA Kec. Cikajang